Perkataan Yang Wajib Diucapkan Bahkan kepada Anak Sekalipun!

Sering kali orang tua menyepelekan kata maaf saat melakukan kesalahan ke anak. Padahal sebenarnya, permintaan maaf penting untuk Anda ucapkan apabila berbuat salah dengan anak, terlebih jika sang anak berusia enam atau tujuh tahun.

Karena, penelitian baru menunjukkan diusia ini anak sedang membangun fondasi keterampilan sosial yang berlangsung seumur hidup. Penelitian ini menunjukkan, mengatakan maaf pada keselahan kecil memang tidak dapat membantu anak-anak merasa lebih baik tapi satu kata ini dapat membuat hubungan Anda dan anak akan kembali membaik.

Perkataan Yang Wajib Diucapkan Bahkan kepada Anak Sekalipun!
Seorang ibu meminta maaf kepada anak images:pjlibrary.org

"Sang anak yang mendengar permintaan maaf dari orang tua, memang tidak cepat menghilangkan rasa sakit hati mereka, namun mereka akan tetap berfikir untuk memaafkan orang tuanya nanti. Dan bahkan mereka akan melakukan hal yang sama saat melakukan kesalahan," kata Marissa Drell, pemimpin penelitian dari Universitas Virginia.
Dilakukan uji coba dimana terdapat sepuluh anak dan orang tua yang sedang membangun rumah mainan. Lima diantaranya melakukan kesalahan dengan merusak bangunan mainan yang dibuat oleh sang anak dan langsung mengucapkan permintaan maaf.

Dan limanya lagi melakukan kesalahan yang sama tanpa mengucapkan permintaan maaf. Dan uji coba ini membuktikan bahwa memang perasaan sang anak yang mendapat permintaan maaf sama dengan yang tidak.
Namun yang mendengar permintaan maaf akan lebih mudah untuk kembali melanjutkan aktivitasnya dibandingkan dengan yang tak mendengar permintaan maaf."Meskipun permintaan maaf tidak membuat anak-anak merasa lebih baik, itu membantu untuk ia kembali melanjutkan aktivitas dan lebih mudah memaafkan," tambah Drell.
Kelengkapan temuan ini terdapat di jurnal Pembangunan Sosial, yang dilansir laman The Times of India.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/11/17/nxxqw3349-satu-kata-wajib-dikatakan-bahkan-kepada-anak







Subscribe for latest Articles


1 comments:

Write comments